Diposting oleh Great Blog ( Game Only ) Rabu, 30 Maret 2011

Tyrannosaurus

Tyrannosaurus (pengucapan / ˌ rænɵsɔrəs tɨ / atau / ˌ taɪ rænɵsɔrəs /; berarti "kadal tiran", dari τυράννος Yunani (Tyrannos, "tiran") dan σαύρος '(sauros, "kadal")), adalah genus dari dinosaurus theropoda. Spesies Tyrannosaurus rex (rex yang berarti "raja" dalam bahasa Latin), biasa disingkat dengan T. rex, merupakan fixture dalam budaya populer. Ia tinggal di seluruh apa yang sekarang barat Amerika Utara, dengan yang jauh lebih luas daripada tyrannosaurids lainnya. Fosil ditemukan dalam berbagai formasi batuan kencan dengan umur Maastrichtian Periode Kapur atas, 67 sampai 65,5 juta tahun yang lalu. [1] Itu adalah di antara non-unggas dinosaurus terakhir untuk ada sebelum peristiwa kepunahan Cretaceous-Tersier.
Seperti tyrannosaurids lain, Tyrannosaurus adalah karnivora berkaki dua dengan tengkorak besar diimbangi dengan ekor yang panjang dan berat. Sehubungan dengan hindlimbs besar dan kuat, Tyrannosaurus forelimbs kecil, meskipun luar biasa kuat untuk ukuran mereka, dan melahirkan dua digit mencakar. Meskipun theropods lain disaingi atau melampaui Tyrannosaurus rex dalam ukuran, itu adalah tyrannosaurid terbesar yang diketahui dan salah satu predator terbesar tanah dikenal, mengukur sampai 12,8 m (42 ft) panjangnya, [2] sampai dengan 4 meter (13 kaki) tinggi di pinggul, [3] dan sampai 6.8 metrik ton (7,5 ton singkat) berat [4] Sejauh ini karnivora terbesar di lingkungannya,. rex Tyrannosaurus mungkin telah menjadi predator puncak, memangsa atas hadrosaurus dan ceratopsians, meskipun beberapa ahli telah menyarankan itu terutama jalan. Perdebatan Tyrannosaurus sebagai predator puncak atau pemulung adalah salah satu perdebatan berjalan terpanjang di paleontologi.
Lebih dari 30 spesimen Tyrannosaurus rex telah diidentifikasi, beberapa di antaranya kerangka hampir selesai. Jaringan lunak dan protein telah dilaporkan dalam setidaknya satu dari spesimen. Kelimpahan bahan fosil telah memungkinkan penelitian yang signifikan dalam berbagai aspek biologi, termasuk sejarah kehidupan dan biomekanik. The kebiasaan makan, fisiologi dan kecepatan potensi Tyrannosaurus rex adalah beberapa subyek perdebatan. taksonomi adalah juga kontroversial, dengan beberapa ilmuwan mempertimbangkan Tarbosaurus bataar dari Asia untuk mewakili spesies kedua Tyrannosaurus dan lain-lain mempertahankan bataar sebagai genus terpisah. Beberapa genera lain tyrannosaurids Amerika Utara juga telah synonymized dengan Tyrannosaurus.



 

 

0 komentar

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
image
image

Friends

Resources

Photo Gallery